2000 Peserta Ikut Aksi Bersih Pantai Leato

Peserta bersih Pantai Leato saat membersihkan sampah di pantai tersebut, Sabtu (2/3/2019).

KOTA GORONTALO – Tidak kurang dari 2000 peserta mengikuti aksi bersih pantai di Pantai Leato Kelurahan Leato Selatan Kecamatan Dumbo Raya, Sabtu (2/3/2019). Aksi itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Gorontalo, Djunaidi Kiayi Demak mengatakan, kegiatan bersih pantai di Pantai Leato itu diprakarsai komunitas-komunitas peduli lingkungan di Kota Gorontalo, diantaranya JAPESDA, SKH, Burung Indonesia dan AJI. Selain diikuti komunitas peduli lingkungan, bersih pantai juga diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemkot Gorontalo dan masyarakat yang ada di sekitar Pantai Leato.

“Ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di area pantai sehingga kondisi pantai tetap terjaga kebersihannya,” ujar Djunaidi.

Djunaidi mengatakan, pada kegiatan bersih pantai itu para peserta mengumpulkan berbagai jenis sampah baik organik maupun anorganik. Sampah organik yang terkumpul selanjutnya diangkut ke TPA dan sampah anorganik diangkut ke bank sampah.

Khusus untuk sampah anorganik, panitia menggelar perlombaan bagi para peserta yang paling banyak mengumpulkan sampah anorganik seperti plastik, kaleng dan kardus. Hasilnya nanti akan diumumkan pada pelaksanaan HUT Kota Gorontalo ke-291.

Selain menggelar lomba, panitia bersama Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkot Gorontalo juga mengkapanyekan kepada masyarakat tentang penggunaan tembler. Penggunaan tembler ini adalah salah satu solusi untuk mengurangi volume sampah plastik di Kota Gorontalo. (dhn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top