Antisipasi Kesehatan, pemkot Siapkan Medis Mobile

GORONTALO, HUMAS – Sebagai upaya mensukseskan proses perhitungan suara pemilihan umum 2019 pemerintah kota Gorontalo menyaipkan tim medis mobile. Tim ini bertugas memantau situasi di setiap TPS dan dapat melakukan tindakan medis manakala ada petugas TPS yang mengalami gangguan kesehatan.
“Perhitungan suara itu, kan sampai melewati tengah malam. Kita berjaga-jaga jangan sampai ada yang kelelahan. Jadi kita siapkan tim medis dan ambulance. Mereka akan mobile,” ujar Walikota Gorontalo Marten Taha saat diwawancarai seusai memimpin rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkpimda) Kota Gorontalo di Kantor Walikota Gorontalo, Selasa (16/4/2019).
Selain itu, pada hari pemungutan dan perhitungan suara yang akan berlangsung hari ini Rabu 17 April 2019, seluruh Puksesmas di Kota Gorontalo tetap akan membuka pelayanan. Petugas Puskesmas akan berkoordinasi dengan tim medis mobile. Sewaktu-waktu tim medis yang stand by di Puskesmas bisa diminta turun ke TPS jika ada petugas KPPS yang membutuhkan bantuan medis. “Kalau untuk Tim medis mobile, Insya Allah akan mulai turun selepas Magrib. Nanti, kalau ada yang melapor butuh bantuan medis, akan dikunjungi,” ujarnya.
Rapat Forkopimda Kota Gorontalo dihadiri oleh Ketua KPU Kota Gorontalo Sukrin S. Taib, Kapolres Gorontalo Kota AKB Rombin Lumban Raja, Dandim 1304 Gorontalo Letkol Inf. Allan Surya Lesmana beserta jajaran unsur pimpinan lembaga yang tergabung dalam Forkopimda Kota Gorontalo. Sebelumnya, dalam kesempatan itu Walikota Marten Taha kembali mengevaluasi sejauhmana persiapan terkait pemilu serentak di Kota Gorontalo.
Selain menyangkut tim medis, terdapat beberapa hal strategis yang dibahas. Salah satunya meyangkut logistik pemilu. Sesuai laporan dari KPU Kota Gorontalo, logistik pemilu baik itu suara dan kotak suara sudah siap didistribusikan ke seluruh TPS. Untuk persoalan surat pemberitahuan memilih atau C6 juga sudah tersalurkan dengan persentase mencapai di atas 97 persen. “Dalam rapat, kita juga membahas kesiapan PLN dalam mengantisipasi ganguan listrik saat proses pemungutan dan perhitungan suara berlangsung. Pihak PLN memastikan kesiapannya,” ujar Marten.
Selanjutnya, agar pemilu serentak di Kota Gorontalo bisa berlangsung sukses, Marten meminta seluruh warga Kota Gorontalo untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Begitu juga seluruh warga diharapkan saling mengajak menuju TPS untuk memberikan hak suara. Dia berharap partisipasi pemilu serentak di Kota Gorontalo bisa maksimal. “Secara umum situasi Kota Gorontalo saat ini tetap kondusif. Penyelengara juga sudah siap melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata Marten. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top