Bukti Smart City, Pemkot Kirim Delegasi di Ajang OSN 2019 Ketingkat Nasional

GORONTALO, HUMAS – Dunia pendidikan Kota Gorontalo kembali menunjukan prestasinya dengan meloloskan 10 siswa-siswi untuk maju mewakili Provinsi Gorontalo dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD dan SMP. Tahun 2019 ini laga bergengsi OSN akan dipusatkan di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah dan akan dimulai tanggal 30 Juni.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Gorontalo Abram Badu mengatakan, kompetisi OSN merupakan momentum penting dalam menguji kemampuan siswa yang memiliki kecerdasan dan bakat istimewa untuk mencapai prestasi puncak di bidang pengetahuan. Keberhasilan Kota Gorontalo yang selalu mampu mengutus siswa-siswinya hingga ke tingkat nasional menjadi salah satu bukti bahwa kualitas pendidikan di daerah ini sudah teruji. “Yang namanya OSN, kita selalu mendominasi peserta yang menjadi wakil Provinsi Gorontalo. Begitu juga tahun ini,” ujar Abram ketika diwawancarai awak media, Rabu (8/5/2019).
Dalam OSN tahun 2019, sebelumnya, Pemkot Gorontalo ditingkat Provinsi Gorontalo mengutus 6 orang untuk OSN SD dan 9 orang OSN SMP. Proses seleksi dilakukan oleh tim juri tingkat nasional dengan menggunakan sistem tes tertulis. OSN SD meliputi tes Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Adapun tingkat SMP, ditambah dengan bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Hasil seleksi tingkat Provinsi Gorontalo cukup memuaskan. 10 orang di antara siswa yang diutus berhasil mendapatkan nilai tinggi dan mendapatkan tiket untuk melenggang ke tingkat nasional. 10 siswa tersebut terdiri atas empat siswa SD dan enam siswa SMP (lengkapnya lihat grafis,red).
Abram mengatakan, capaian yang diraih pihaknya tersebut tidak lepas dari penyelenggaraan pendidikan di Kota Gorontalo yang mementingkan orientasi mutu. Upaya itu berupaya dilakukan dengan memperkuat kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, pembenahan sarana-prasarana, serta membuat inovasi pemanfaatan teknologi dan informasi. “Alhamdulillah penunjang mutu ini sudah kita laksanakan. Hasilnya adalah prestasi yang kita raih selama ini, termasuk di ajang OSN,” ujarnya.
Abram mengatakan pula, raihan prestasi yang ditorehkan para siswa di Kota Gorontalo akan semakin mendorong semangat peningkatan kualitas pendidikan di Kota Gorontalo. Dia juga berharap, hasil OSN tahun 2019 dapat motivasi sekolah lain untuk lebih giat mempersiapkan anak didiknya dalam mengikuti perhelatan lomba-lomba seperti OSN kedepan nanti.
Sesuai daftar, jumlah peserta dari akumulasi peserta dari Kota Gorontalo dan daerah lain di Provinsi Gorontalo, seluruhnya yang akan mewakili Provinsi Gorontalo dalam OSN di Solo berjumlah lima siswa untuk tingkat SD dan sembilan siswa untuk SMP. Saat ini, Kota Gorontalo mulai bersiap lagi dengan kemampuan para siswa-siswi yang berhasil lolos. Persiapan yang matang sangat diperlukan mengingat lawan tanding yang akan dihadapi tidak saja skala Provinsi Gorontalo, tetapi berasal dari provinsi lain di Indonesia. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top