Dikes Kota Gorontalo Dibawah Kepemimpinan dr. Nur Albar

Penandatanganan Komitmen Bersama Antara Pemerintah Kota Gorontalo, Dinas Kesehatan dan Puskesmas Terkait PPK BLUD Puskesmas Tahun 2019.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Bidang kesehatan adalah salah satu penentu maju tidaknya suatu daerah, dan kesejahteraan masyarakat. Dibawah kepemimpinan dr. Nur Albar, Sp.PD. Finasim, bidang ini berhasil mengangkat harkat dan martabat masyarakat dan daerah.

Keberhasilan ini tentunya hasil kerja keras dan kerja cerdas Nur Albar, bersama jajaarannya. Mulai dari unit terkecil seperti puskesmas, sampai dengan terbesar di lingkungan rumah sakit dan dinas itu sendiri.

Ia jelaskan, dalam pelaksanaan program kegiatan kedinasan baik itu di Dikes dan unit-unit kerja lain, pihaknya mengutamakan peningkatan pelayanan disetiap lembaga terhadap masyarakat.

Contoh kecil seperti Puskesmas yang ada di Kota Gorontalo, semuanya sudah terakreditas karena memiliki program pelayanan medis dan adiminstrasi yang baik. Puskesmas Kota Utara dan Kota Timur sudah terakreditasi Utama, tujuh Puskesmas lain terakreditasi madya, sisanya satu Puskesmas berakrditasi dasar.

“Untuk lebih memaksimalkan program kegiatan di masing-masing Puskesmas ini, semua pusat pelayanan kesehatan masyarakat ini tengah dilakukan reakreditasi, atau akreditasi ulang. Sudah dimulai sejak Bulan Juli kemarin, sampai dengan Bulan September nanti,” ujar Nur Albar.

Bukan hanya itu saja, dari ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan, sudah sangat memadai. Diantaranya, Dokter Spesialis 3 orang, Dokter Umum 23 orang, dan Dokter Gigi 6 orang.

Kemudian Perawat 139 orang, Bidan 100 orang, Nutrisionis 40 orang, Apoteker/ AA 19 orang, Kesmas 43 orang, Radiografer 1 orang, Analis Kesehatan 4 orang, dan Petugas Teknis Transfusi Darah 6 orang.

Untuk sarana dan prasaran sendiri Ia jelaskan sudah memadai, dan mampu melayanai kebutuhan masyarakat secara umum dan khusus. Hal ini ditunjang oleh SDM yang mempuni, di masing-masing unit dan lembaga kesehatan.

“Meski demikian, kami sadari masih banyak kekurangan di bidang kesehatan, dan ini membutuhkan dorongan dan dukungan semua pihak, pemerintah setempat hingga elemen masyarakat,” tutur Nur Albar.(tm/HMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top