Disnakerkop dan UKM Bangun Kemitraan dengan Pegadaian

Ben Idrus

KOTA GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo mendorong para pelaku usaha ultra mikro untuk dapat mengembangkan usahanya melalui koperasi. Untuk memaksimalkan upaya tersebut, Pemkot Kota Gorontalo melalui Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM membangun kemitraan dengan pihak Pegadaian Gorontalo.

Kepala Dinas Tenga Kerja Koperasi dan UKM Kota Gorontalo Ben Idrus menjelaskan,
pemerintah melalui Kementerian Keuanga RI terus mendorong para pelaku usaha ultra mikro untuk mengembangkan usaha. Upaya itu ditempuh dengan memberikan kemudahan akses permodalan kepada pelaku usaha ultra mikro.

Tambahan permodalan bagi pelaku usaha ultra mikro diberikan pemerintah dalam bentuk kredit dengan suku bunga yang sangat rendah. Pendistribusiannya melalui lembaga keuangan non bank, salah satunya Pegadaian.

Ben mengatakan, pola kemitraan yang dibangun bersama pihak pegadaian terkait pengembangan pelaku usaha ultra mikro lewat koperasi. Artinya, tambahan modal bagi pelaku usaha ultra mikro bisa diberikan pihak pegadaian melalui koperasi.

Dengan pola kemitraan seperti itu, lanjut Ben, ada dua keuntungan yang bisa diperoleh. Pertama, terkait pemberdayaan koperasi itu sendiri. Kedua, memudahkan bagi pelaku usaha ultra mikro yang masuk dalam koperasi untuk mendapatkan tambahan modal. “Pola kemitraan inilah yang kita kerjasamakan dengan pihak pegadaian,” ujar Ben saat diwawancarai, Selasa (12/3/2019).

Ben menyadari, untuk membangun pola kemitraan seperti itu tidak semudah membalik telapak tangan. Dibutukan kesiapan terutama koperasi. Koperasi harus sehat dan aktif.  “Sehat dari sisi pengelolaan keuangan dan aktif antara lain rutin melaksanakan RAT. Ini yang kita harapkan,” jelasnya.

Ben mengungkapkan, upaya yang ditempuh itu merupakan wujud keberpihakan pemerintah Kota Gorontalo terhadap masyarakat. Oleh karena itu Ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya pola kemitraan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top