DKP Gelar Lomba Perpustakaan Kelurahan

Jusuf Jassin

KOTA GORONTALO – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Gorontalo terus mendorong peningkatan minat baca masyarakat. Langkah tersebut salah satunya ditempuh melalui program perpustakaan kelurahan. Untuk lebih mengoptimalkan perpustakaan kelurahan, DKP Kota Gorontalo menggelar lomba perpustakaan kelurahan yang diikuti perpustakaan kelurahan se-Kota Gorontalo.

Kepala DKP Kota Gorontalo Jusuf Jassin mengatakan, perpustakaan kelurahan adalah salah satu program dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat. Program tersebut dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota seluruh Indonesia.
“Perpustakaan kelurahan ini menjadi salah satu wujud nyata dari upaya pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat,” ujar Jusuf saat diwawancarai, Selasa (26/3/2019).

Terkait pelaksanaannya lomba, Jussuf menjelaskan, lomba tersebut merupakan program Perpustakaan Nasional RI. Pelaksanaannya rutin digelar setiap tahun mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional.

Dalam rangka penilaian, DKP sudah membentuk tim penilai. Tim itu nantinya akan turun ke kelurahan-kelurahan untuk menilai berbagai aspek yang dilombakan, diantaranya terkait antusias masyarakat dan pengelolaan perpustakaan.

“Yang paling utama dinilai itu adalah antusias mayarakat yang berkunjung dan pengelolaannya,” jelasnya.

Jusuf berharap, pelaksanaan lomba tersebut semakin mendorong pihak kelurahan untuk mengoptimalkan pengelolaan perpustakaan kelurahan sehingga keberadaannya akan lebih meningkatkan minat baca masyarakat. (shn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top