DKP Dorong Peningkatan Minat Baca Masyarakat

Jusuf Jassin

KOTA GORONTALO – Berbagai upaya dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Gorontalo untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Langkah tersebut diantarnya dilakukan melalui program perpustakaan kelurahaan dan perpustakaan mobile.

Kepala DKP Kota Gorontalo Jusuf Jassin mengatakan, di perpustakaan kelurahan disediakan buku-buku bacaan yang bermanfaat bagi masyarakat. Buku-buku bacaan itu sebagiannya disediakan oleh DKP Kota Gorontalo. Selain itu, terdapat pula buku-buku bacaan yang didistribusikan oleh pemerintah provinsi dan pusat.

“Jadi selain menarik minat, buku bacaan yang ada di perpustakaan kelurahan juga bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Jusuf saat diwawancarai, Selasa (26/3/2019).

Jusuf menjelaskan, untuk lebih mengoptimalkan perpustakaan kelurahan, DKP ke depan akan menyediakan buku-buku bacaan yang sesuai dengan karakteristik wilayah dan masyarakat kelurahan. Seperti misalnya di kelurahan yang masyarakatnya dominan bermata pencaharian sebagai petani, maka akan disediakan buku-buku bacaan seputar pertanian. “Begitu juga kelurahan itu misalnya potensinya pengrajin, kita sediakan buku bacaan seputar kerajinan,” imbuhnya.

Upaya meningkatkan minat baca masyarakat sejatinya pula tidak saja dilakukan melalui program perpustakaan kelurahan. DKP juga melaksanakan program lainnya yaitu perpustakaan keliling.

Perpustakaan keliling rutin digelar di sekolah-sekolah maupun di tempat-tempat umum yang sering dikunjungi masyarakat. Di tempat-tempat itu, petugas dari DKP menyediakan buku bacaan yang bisa dibaca siswa ataupun masyarakat.

Ia pun ke depan akan mengupayakan agar di tempat-tempat lainnya seperti misalnya di kantor kecamatan bisa tersedia sudut-sudut baca. “Ketika masyarakat menunggu proses pengurusan surat menyurat bisa memanfaatkan waktu dengan membaca di sudut-sudut baca yang disediakan,” ujarnya. (shn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top