Harganas Bangkitkan Semangat Keluarga

Kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXVI tingkat Kota Gorontalo di Lapangan Buladu, Kecamatan Barat, Selasa (10/9).

HUMAS. KOTA GORONTALO – Keluarga bukan hanya menjadi unit terkecil dalam suatu wilayah pemerintahan, tetapi ujung tombak penentu maju dan tidaknya daerah. Pemerintah Kota Gorontalo sendiri terbiang berhasil menjadikan keluarga, sebagai masyarakat yang Sejahtera, Mandiri, Aktif, Religi dan Terdidik atau SMART.

Hal ini seperti diungkapkan Marten Taha, Wali Kota Gorontalo saat membuka kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI tingkat Kota Gorontalo di Lapangan Buladu, Kecamatan Barat, Selasa (10/9/19).

Tema Harganas yakni “Hari Keluarga, Hari Kita Semua dengan slogan Cinta Keluarga, Cinta Terencana”, menurutnya bukan hanya seremonial belaka. Tetapi menjadi wujud dari realisasi program kegiatan, baik yang dijalankan oleh Pemerintah Pusat maupun daerah.

“Sebagai pemerintah, kita terus berupaya bagaimana supaya keluarga di daerah kita bisa sehat, bahagia dan sejahterah. Keluarga itu menjadi urusan sangat penting. Dari keluarga, kita membangun keharmonisan dan menciptakan keluarga yang mampu menebar kesejukan dalam keluarga dan masyarakat di sekitarnya. Kalau setiap keluarga rukun, damai, harmonis, bahagia maka hal positif itu akan menjelma kedalam kondisi masyarakat,” ujar Marten.

Menjadi salah satu upaya Pemerintah Kota Gorontalo, dalam mensejahterakan keluarga yakni melalui program Keluarga Berencana, yang menggandeng berbagai mitra seperti PKK.

Sebanyak 10 program pokok yang dijalankan PKK Kota Gorontalo, memiliki peranan penting terhadap kesejahteraan masyarakat dan keluarga. Melalui PKK juga, Pemerintah Kota Gorontalo melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan keluarga.

“Baik kesehatan, pendidikan, keagamaan, lingkungan hidup, peningkatan ekonomi keluarga dan semua keperluan yang bertautan dengan keluarga. PKK ikut menjadi kelompok yang bertugas dan bertanggungjawab menyuskseskan program-program pemerintah,” katanya.

Nulika Melati S, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A) Kota Gorontalo mengatakan, Harganas kali ini, pihaknya menggelar beragam jenis lomba menyangkut keluarga.

“Ada 14 jenis kompetisi yang diadakan dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk unsur dinas kesehatan dan PKK. Semua progrm Harganas yang kita langsungkan pada intinya sebagai kampanye untuk meningkatkan peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta dan semua pihak tentang pentingya 8 fungsi keluarga dan pembentukan karakter sejak dini,” tutup Nulika.(tmHMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top