Inovasi Dukung Keberhasilan SDN 77 Raih Adiwiyata Nasional

Kepala SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo Rustin Palia (Kiri) seusai menerima Anugerah Sekolah Adiwiyata Nasional 2018 dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, beberap waktu lalu.

KOTA GORONTALO – Berbagai inovasi dilakukan SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, bersih dan indah. Mulai dari mendorong peran serta warga sekolah dalam menjaga kebersihan lingkungan hingga menggelar pelatihan daur ulang sampah. Berkat upaya tersebut, pada tahun 2018 SDN 77 Kota Tengah meraih Anugerah ekolah adiwiyata nasional dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI.

Kepala SDN 77 Kota Tengah Rustin Palia mengatakan, untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, bersih dan indah dilakukan melalui berbagai kiat. Pertama, melaksanakan program pembiasaan LISA (Lihat Sampah Angkat). Program itu diberlakukan bagi semua warga sekolah baik siswa maupun guru.

Kedua, membangun kerjasama dengan masyarakat. Langkah tersebut ditempuh melalui kemitraan dengan komite sekolah dan paguyuban kelas.

Berikutnya, program GAUL, Gerakan Anak Peduli Lingkungan. Pihaknya membangun kemitraan dengan Pemerintah Kota Gorontalo khususnya Dinas Lingkungan Hidup, kecamatan dan kelurahan. Selain itu juga bekerjasama dengan organisasi kemasyarakatan seperti takmirul masjid dan karang taruna.

Ada lagi program membiasakan siswa menabung di bank sampah. Caranya, siswa dibiasakan mengumpul sampah baik yang ada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Sampah yang terkumpul selanjutnya dijual di bank sampah yang ada di sekolah. Hasilnya kemudian ditabung melalui wali kelas masing-masing.

Tak hanya sampai di situ. Pihaknya pun melatih warga sekolah bagaimana cara mendaur ulang sampah. “Sampah yang tadinya dianggap tidak bernilai diubah menjadi barang yang bermanfaat,” ujarnya. (shn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top