IPA Botu Siap Tangani Persoalan Krisis Air

Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono, Sekretaris Daerah Ismail Madjid, saat meresmikan IPA Botu.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, Kamis (19/03/20) meresmikan IPA (Instalasi Pengelolahan Air) berkapasitas 50 liter per detik, di Kecamatan Dumbo Raya Kelurahan Botu. Menurut Marten, proyek yang baru saja Ia resmikan tersebut siap menangani persoalan krisis air di wilayah Kecamatan Dumbo Raya dan Kecamatan Hulonthalangi.

“Pembangunan IPA Botu berkapasitas daya tampung 50 liter per detik ini, bisa melayani masyarakat di dua kecamatan, diantaranya Dumbo Raya dan Hulonthalangi. Termasuk wilayah Kelurahan Tanjung Keramat dan Kelurahan Tenda, yang sering terdengar krisisi air bersih,” ujar Marten.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Gorontalo, demi memenuhi kebutuhan dasar masyarakat khususnya terhadap air bersih, akan berkelanjutan. Sehingga Ia berharap, masyarakat dapat mendukung program kegiatan pembangunan daerah, yang terus dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo. Karena partisipasi dan dukungan masyarakat sangat penting, sebab dapat memudahkan Pemerintah Kota Gorontalo untuk menunaikan kewajiban sebagai pelayan masyarakat.

“Air adalah kebutuhan utama dan mendasar yang wajib dipenuhi Pemerintah Kota Gorontalo, terhadap masyarakat. Meski demikian, Pemerintah Kota Gorontalo pun tidak bisa berbuat apa-apa, jika kemudian tidak ada partisipasi dan dukungan dari masyarakat. Karena dengan adanya dukungan dan partisipasi masyarakat, akan memudahkan Pemerintah Kota Gorontalo memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya air bersih,” terang Marten.

Sementara Plt Direktur PDAM Kota Gorontalo Isman Darise jelaskan, bahwa kedepan IPA Botu ini akan terus dilakukan pengembangan oleh PDAM Kota Gorontalo. Guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih, bahkan rencana peningkatan ini sudah terprogram dalam rencana kerja PDAM Kota Gorontalo.

“Rencana kedepan kami, IPA Botu ini akan kami tingkatkan menjadi 150 hingga 200 liter per detik, sehingga bisa melayani masyarakat yang lebih banyak. Tujuannya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih. Selain perhatian dari Pemerintah Kota Gorontalo, kami juga membutuhkan dukungan dari masyarakat, terhadap program kerja yang telah kami rencanakan tersebut,” tutup Isman.(tmHMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top