Jaurai STQH, Marten Kirim Delegasi Ketingkat Nasional

GORONTALO, HUMAS-
Kota Gorontalo kembali menjadi juara dalam Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis atau STQH tingkat Provinsi Gorontalo. Empat di antara peserta yang diutus pula terpilih mewakili Provinsi Gorontalo dalam ajang yang sama ditingkat nasional.
Pengumuman hasil perlombaan tersebut diumumkan secara resmi oleh dewan juri STQH tingkat Provinsi Gorontalo, Sabtu malam (20/4/2019). Predikat sebagai juara umum tersebut pun terhitung sudah dua kai diraih Kota Gorontalo selama era kepemimpinan Walikota Gorontalo Marten Taha.
“Kita bersyukur, persiapan yang kita lakukan tidak sia-sia. Alhamdulillah Kota Gorontalo menjadi yang terbaik dalam STQH tingkat Provinsi Gorontalo, bisa meraih juara umum,” ujar Marten.
Marten mengatakan pula, pembelajaran Alquran bagi anak didik di Kota Gorontalo tidak sekadar untuk persiapan perlombaan STQH. Sejak awal, pembelajaran dan pelatihan Alquran sudah menjadi program yang digalakkan di setiap TPA/TPQ. Karena itu pula, ketika datang perlombaan STQH tingkat Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo tidak kesulitan mencari para peserta yang akan diutus.
Kabag Kesra dan Budaya Setda Kota Gorontalo Azis Zakaria menuturkan, perlombaan STQH tahun 2019 ini cukup sengit. Tetapi saat gelar perlombaan, penampilan dari kontingen Kota Gorontalo tidak mengecewakan. Rata-rata dari mereka telah memperlihatkan bacaan dan lantunan Alquran dan Hadis yang cukup baik. “Kontingen kita benar-benar siap tampil. Alhamdulillah kita bisa meraih juara umum,” ujarnya.
Keberhasilan Kota Gorontalo sehingga meraih nilai tertinggi dan ditetapkan sebagai juara umum disumbang dari kemenangan di beberapa cabang perlombaan. Di antaranya dari cabang Tilawah Dewasa, dimana untuk Qoriah, Kota Gorontalo meraih juara 1. Selain itu, juga disumbang dari cabang Hifzil Quran dan Tilawah 1 juz, Hifzil Quran dan Tilawah 5 juz, juga cabang Hifzil Quran dan Tilawah 10 juz.
Tentu saja menurut Azis, hasil ini bisa dicapai karena ada keseriusan dari peserta untuk mengikuti pelatihan persiapan perlombaan yang sebelumnya digelar melalui kerja sama Pemkot Gorontalo dan LPTQ Kota Gorontalo. Selain itu, dukungan dari seluruh masyarakat Kota Gorontalo juga ikut menentukan semangat para peserta. “Ini merupakan juara umum yang kedua, selama era kepempinan Walikota Marten Taha,” kata Azis.
Untuk selanjutnya kata Azis, Kota Gorontalo akan ikut membantu persiapan dari Pemprov Gorontalo dalam mengikuti STQH tingkat nasional. Dari Kota Gorontalo ada empat peserta yang terpilih mewakili Provinsi Gorontalo. “Tahun depan juga kita akan bersiap menghadapi MTQ. Tahun kemarin, saat MTQ tingkat Provinsi Gorontalo digelar di Kabupaten Boalemo, Kota Gorontalo meraih juara umum. Insya Allah prestasi ini akan kita pertahankan pula, seperti kita mempertahankan prestasi STQH,” ujarnya. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top