Kunjungi Puskesmas, Wawali Minta Penyuluhan Kesehatan Ditingkatkan

Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono, ketika mengunjungi salah satu Puskesmas di Kota Gorontalo, berdialog langsung dengan masyarakat.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Selasa (03/03/20) pagi Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono, mengunjungi Puskesmas di Kota Gorontalo. Guna melalukan monitoring aktivitas, di pusat pelayanan kesehatan masyarakat tersebut. Salah satunya mengarahkan pegawai Puskesmas, untuk terus meningkatkan penyuluhan kesehatan, di lingkungan masyarakat. Termasuk atas pencegahan penyebaran COVID-19 atau virus corona.

“Penyuluhan kesehatan khususnya hidup sehat dan lingkungan yang bersih untuk masyarakat, sangat penting. Sehingga dari kunjungan ini, kami Pemerintah Kota Gorontalo meminta seluruh unit kesehatan, termasuk Dinas Kesehatan Kota Gorontalo meningkatkan pelaksanaan penyuluhan kesehatan. Hal ini bukan karena adanya penyebara virus corona, yang sudah menjadi isu Dunia. Tetapi, bagian dari program kegiatan Pemerintah Kota Gorontalo dibidang kesehatan,” terang Ryan.

Mengenai informasi penyebaran virus corona yang sudah masuk wilayah Tanah Air, dirinya juga meminta kepada seluruh Puskesmas, agar sedetail mungkin melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang menderita penyakit batuk-betuk berlendir, flu, panas tinggi. Hal ini guna mencegah dan mendeteksi sedini mungkin, agar pasien tidak terindikasi virus corona.

“Petuga puskesmas dan rumah sakit daerah di Kota Gorontalo, untuk mengarahkan pasien menggunakan masker, jika pasien mengidap penyakit batu-batu atau influenza. Pelayanan kesehatan terhadap pasien harus dimaksimalkan, jangan pernah menyulitkan pasien,” jelas Ryan.

Demikian pula ditambahkan Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, secara terpisah Ia jelaskan bahwa seluruh aparat kelurahan dan kecamatan, harus gencar malkasanakan bakti sosial di lingkungan sekitar. Melibatkan seluruh masyarakat dalam bakti sosial tersebut, agar lingkungan tempat tinggal masyarakat bersih. Menurutnya, dari hal-hal dan kegiatan kecil tersebut akan membiasakan masyarakat pola hidup sehat.

“Disamping itu, dari instansi kesehatan dan Puskesmas melakukan penyuluhan, dan mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan. Jika masyarakat rutin memberishkan lingkungan, berolahraga, mengatur pola makan, tidur yang cukup, maka akan terhindar dari segala penyakit. Kami Pemerintah Kota Gorontalo, tentunya mendukung aktivitas masyarakat tersebut, dengan program penyuluhan kesehatan di setiap kelurahan dan kecamatan,” ungkap Marten.

Sementara itu Direktru Rumah Sakit Aloei Saboe (RSAS) Kota Gorontalo, dr. Andang Ilato katakan. Mengenai pasien yang diduga terpapar virus corona, yang dirujuk dari RS Hasri Ainun, masih dilakukan pemeriksaan secara intensif oleh tim medis. Ia akui penyakit yang diderita pasien, menunjukkan gejala-gejala yang sama dengan virus corona. Seperti panas tinggi, influenza, batuk-batuk berdahak dan sesak napas.

“Kami dari RSAS Kota Gorontalo mengajak seluruh masyarakat, untuk malakukan pola hidup sehat. Karena dengan demikian, kita juga akan terhindar dari seluruh macam penyakit termasuk virus corona. Sedangkan hasil dari pemeriksaan pasien ini, akan kami kirim ke Balibang Kemenkes Pusat,” tutup Andang.(tmHMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top