Lomba Perpustakaan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo, Drs. Baderan Mahmud Sa'ad Kiyai, M.Pd dan Kabid Perpustakaan Yusnita Pantu, saat diwawancarai Tim Bagian Humas dan Protokol (PKP) Kota Gorontalo.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gorontalo, kembali menggelar lomba perpustakaan tingkat kelurahan. Guna meningkatkan minat baca masyarakat di berbagai jenjang usia. Hal ini seperti diungkapkan Kabid Perpustakaan Yusnita Pantu, ketika ditemui di ruang kerjanya Jumat (06/03/20) siang.

“Program kegiatan ini memang merupakan program Pemerintah Pusat, yang dilaksanakan rutin setiap tahun. Nah, guna mendukung program tersebut Pemerintah Kota Gorontalo melalui instansi terkait, menggalakkan lomba ini dengan melibatkan seluruh masyarakat dan aparat kelurahan,” ujar Yusnita.

Persyaratan umum dalam lomba ini yang harus dipenuhi oleh setiap peserta kelurahan, seperti memiliki gedung perpustakaan sendiri, ada administrasi berupa statistik, juga data jumlah pengunjung perpustakaan, jumlah koleksi buku dan program pengembangan dari pada perpusatakaan tersebut. Termasuk kepemilikan identitas anggota, atau kartu anggota pengelola perpustakaan.

Selain itu, tujuan lomba ini memacu semangat setiap kelurahan, untuk meningkatkan minat membaca masyarakat. Tidak terkecuali, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pengembagan perpustakaan. Kemudian, baik itu pelaksanaan lomba, pengelolaan perpustakaan dan implementasi dari program baca ini, tetap menjadi fokus dinas terkait. Dimana, setiap tahun terus melakukan evaluasi program pengelolaan perpustakaan, baik di tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Setiap triwulan kami melakukan evaluasi program ini, baik di tingkat kelurahan dan kecamatan. Sekaligus pembinaan terhadap anggota perupstakaan di setiap tingkatan wilayah. Dan kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari, sampai dengan hari ini Jumat,” terang Yusnita.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo, Drs. Baderan Mahmud Sa’ad Kiyai, M.Pd jelaskan. Bahwa, program ini sangat penting untuk mengembangkan wawasan masyarakat, karena minat baca masyarakat dari tingkat nasional dan daerah masih sangat rendah.

Namun pada intinya, dari pelaksanaan program ini, tujuan dari Pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan akses baca bagi masyarakat. Sebab, dengan adanya akses ini maka dengan sendirinya akan meningkatkan minat baca masyarakat.

“Kalau standar Unisco itu, satu orang itu membaca 3 buku dalam setahun, namun kalau kita di Tanah Air, 500 orang itu membaca 1 buku dalam setahun. Sehingga orang ingin membaca, tapi tidak ada buku yang tersedia. Maka melalui program ini, kami pun meningkatkan aparat kelurahan dan kecamatan untuk meningkatkan akses membaca bagi masyarakat,” tutup Baderan.(tmHMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top