Marten : Mutu Kualitas Pendidikan Wajib Ditingkatkan

Pelantikan 100 Kepala Sekolah Dari Jenjang Pendidikan SD dan SMP, oleh Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Sebanyak 100 Kepsek (kepala sekolah) baik di jenjang pendidikan menengah pertama dan sekolah dasar, dilantik oleh Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha di Aula Kantor DPRD Kota Gorontalo, Senin (16/03/20).

Wali Kota berpesan, mutu dan kualitas serta pelayanan pendidikan di Kota Gorontalo, harus ditingkatkan oleh pejabat baru di lantik. Termasuk membentuk karakter siswa lebih baik, dan lemabag pendidikan yang bersaing tinggi.

Wali Kota Gorontalo Dua Periode ini jelaskan, proses mutasi di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo, khususnya di tubuh Dinas Pendidikan Kota Gorontalo, adalah bukan hal yang tabu. Melainkan hal ini bagian dari fungsi dari manajemen kepegawaian, yang berlaku disemua institusi pemerintahan maupun swasta.

Hal ini bertujuan untuk menata sistem manajemen kepegawaian, yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan organisasi sesuai syarat jabatan yang telah dipersyaratkan oleh peraturan perundang – undangan yang berlaku.

“Dilingkungan dinas pendidikan dengan adanya perubahan nomenklatur satuan pendidikan, dan terjadinya perampingan satuan pendidikan sekolah negeri yang sebelumnya berjumlah 107 sekolah dasar menjadi 99 sekolah dasar, yang sudah ditetapkan dengan surat keputusan Wali Kota Gorontalo. Sebagaimana kita tahu bersama, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik yang beriman dan bertaqwa”

“Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif dan mandiri. Perlu saya tegaskan bahwa tujuan pendidikan tersebut, akan tercapai apabila tenaga pendidik dalam hal ini para guru dan tenaga kependidikan memiliki kompetensi. Dedikasi dalam melaksanakan tugas secara profesional, sehingga pengangkatan kepala sekolah,” ujar Wali Kota.

Banyak cita-cita dalam pelaksanaan program di bidang pendidikan. Dirinya berharap, seluruh kepala sekolah yang baru dikukuhkan, kedepannya bisa melahirkan ide-ide yang brilian dan gagasan baru yang lebih inovatif, dalam tugas manajerial, supervisi dan kewirausahaan.

Sebagai tugas pokok kepala sekolah, disamping itu harus bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah, sebagai organisasi pembelajaran. Kemudian memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan fungsi, sebagai pemimpin sekolah.

“Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala atau masalah di sekolah, serta melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan sekolah. Menghadapi dinamika tugas pendidikan dewasa ini, kita diperhadapkan dengan berbagai tuntutan pemenuhan kebutuhan kinerja yang semakin kompleks. Seperti halnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang sudah merambah kedunia kerja termasuk peningkalan kualitas pendidikan kita yang masih rendah, dibanding dengan negara-negara tetangga”

“Hal ini dibuktikan dengan laporan hasil programme international students assessment (pisa ) 2018, bahwa skor membaca indonesia berada di peringkat ke 72 dari 77 negara, skor matematika diperingkat ke 72 dari 78 negara, dan skor sains berada diperingkat ke 70 dari 78 negara. Tantangan inilah menjadi tolak ukur, dalam meningkatkan kinerja pada lembaga dibidang pendidikan untuk melakukan terobosan – terobosan baru,” jelas Wali Kota.

Kepala sekolah sebagai obyek penggerak bagi guru-guru, yang dipimpinnya di setiap satuan pendidikan. Guru yang mengutamakan murid dan pembelajarannya, guru yang memiliki inovasi dan merdeka belajar, yang digaungkan oleh Mendikbud RI harus dipelopori oleh kepala sekolah. Kebijakan merdeka belajar oleh Kemdikbud RI, menjadi pemantik bagi kepala sekolah untuk melakukan inovasi- inovasi baru, di bidang pendidikan untuk peningkatan kompetensi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.

“Saya atas nama pemeriniah, pribadi dan keluarga, mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang telah diangkat dan dikukuhkan, selaku kepala sekolah dimana ditempatkan dan dipercayakan untuk mempimpin satuan pendidikans. Dengan harapan bekerjalah dengan ikhlas, penuh rasa tanggungjawab, sebagai amanah yang pasti diminta pertanggungjawaban. Ingat bahwa kecerdasan bangsa dan negara ada ditangan bapak – ibu,” tutup Wali Kota.(tmHMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top