Pencegahan Penyebaran Covid-19 Terus Dilakukan

Aksi perangi Covid-19 oleh jajaran Pemerintah Kecamatan di Kota Gorontalo.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Disamping melaksanakan kegiatan berupa pelayanan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, di setiap Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah. Pemerintah Kota Gorontalo, juga menindak lanjuti Surat Edaran Gubernur Gorontalo, tentang kegiatan ‘Gorontalo Bergerak’. Hal ini dibuktikan dari kegiatan seluruh kelurahan dan kecamatan di Kota Gorontalo, Jumat (20/03/20) pagi.

Eladona Oktamina Sidiki jelaskan, selain melaksanakan bakti sosial seperti pembersihan lingkungan di setiap wilayah kelurahan, jajarannya pun turut melaksanakan aksi pembersihan seluruh masjid dan mushala yang tersebar di seluruh Kecamatan Kota Timur. Dirinya berharap, dengan kegiatan-kegiatan ini semoga bisa menjauhkan seluruh masyarakat Kota Timur umumnya Kota Gorontalo dari wabah Covid-19.

“Ada beberapa titik yang kami kunjungi, baik itu bersama Pemerintah Kota Gorontalo, Pemerintah Provinsi Gorontalo khususnya Gubernur Gorontalo dan aparat kelurahan. Ini bukan hanya sekedar aksi bisa saja, tetapi turut mengajak masyarakat untuk tetap menjala lingkungan mereka, agar terhindar dari Covid-19 dengan melaksanakan kiat-kiat pencegahannya,” ujar Eladona.

Lain lagi ditambahkan oleh Lukman Laisa, Camat Hulonthalangi, dimana pihaknya tidak henya bekerjasama dengan aparat kelurahan dan kecamatan, menggelar kegiatan tersebut. Namun turut mengajak beberapa masyarakat, termasuk dengan memberikan imbauan kepada masyarakat, agar tidak panik namun tetap waspada dengan penyebaran Covid-19.

“Covid-19 sudah menjadi persoalan dunia, sehingga bagi kami patut untuk menjalankan kegiatan ini, guna mencegah penyebaran Covid-19 ke masyarakat. Dengan pola hidup sehat dan terus menjaga kebersihan lingkungan, tentu kita tidak akan terkena berbagai macam penyakit termasuk Covid-19,” terang Lukman.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Dr. Ir. Ismail Madjid secara rinci jelaskan, Surat Edaran yang dilayangkan Pemerintah Provinsi Gorontalo, untuk ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah kabupaten dan kota. Termasuk dengan instansi vertikal, BUMD dan BUMN. Ini sehubungan dengan perkembangan keadaan terkait penyebaran wabah Corona Vinis Disease 2019 yang semakin meluas, dan telah ditetapkan Pemerintah sebagai Bencana Nasional Non Alam.

“Maka diperlukan langkah-langkah strategis dan antisipatif berbasis lingkungan dalam mengatasi permasalahan tersebut. Seperti melaksanakan kegiatan “Gorontalo bergerak”, dengan aktifitas berupa gerakan Jum’at bersih diseluruh wilayah dan lingkungan kerja se Provinsi Gorontalo yang dikoordinir langsung oleh masing-masing pemerintah wilayah Bupati dan Wali Kota, Camat dan Lurah dan Kepala Desa. Pimpinan lembaga atau OPD tingkat Provinsi dan Kabupaten dan Kota serta seluruh lapisan masyarakat,” ungkap Ismail.(tmHMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top