RSAS Siap Tangani Pasien Covid-19

Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, memimpin rapat membahas tentang pencegahan Covid-19.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha jelaskan, bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Prof. dr. Aloei Saboe, masih mampu menangani pasien yang mengidap Covid-19. Kekuatan dari RSAS Kota Gorontalo sendiri sebagai Rumah Sakit rujukan di Provinsi Gorontalo, Ia katakan sudah pada eskalasi ke dua.

Yakni, mampu menangani pasien Covid-19 dibawa 10 orang, dengan jumlah delapan kamar dan 16 tempat tidur sudah disiapkan. Termasuk dengan peralatan yang memadai serta sumber daya manusia, yakni dokter ahli.

“Kalau pasiennya sudah diatas 10 orang, maka kami akan mengajukan bentuan logistik ke pihak Pemerintah Provinsi Gorontalo dan pusat, termasuk SDM dan logistik cepat habis. Bahkan kami akan mengajukan penganggarannya,” ujar Marten, Selasa (17/03/20).

Berkaitan dengan pemberian libur sekolah atau belajar di rumah bagi siswa dan guru-guru, Marten jelaskan pihaknya mangacu pada protokol kesehatan dan pendidikan serta surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dimana daerah itu ada tiga tingkatan Covid-19, rendah, sedang dan tinggi. Nah Provinsi Gorontalo secaram umum dan khususnya Kota Gorontalo masih dapal kategori rendah. Sehingga, Pemerintah Kota Gorontalo pun tidak menjauhkan siswanya dari lembaga pendidikan itu sendiri.

“Kecualai kita sudah berkategori tinggi, itu baru bisa. Disamping itu pula, kami tentunya melaksanakan pengawasan, pemantauan dan penindakan, jadi ada tiga tingkatan, yang dipantau yakni orang baru datang dari luar, kemudian dia baru datang dari tempat yang sudah terjangkit”

“Pengawasan, orang dalam pengawasan di Kota Gorontalo sudah ada dua orang, satu pulang dari dalam negeri dan satunya dari luar negeri, dan sudah sakit, namun belum di rumah sakit. Ini namanya isolasi mandiri, dan hasil pemeriksaan awal itu bukan Covid-19. Pintu Traking itu di Puskesmas, dan 500 kader kesehatan sudah kami siapkan. Kemudian penindakan, tentu kami lajut ke Rumah Sakit,” terang Marten.(tmHMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top