Satgas Saber Pungli Optimalkan Tugas

Sekda Kota Gorontalo Ismail Madjid bersama Inspektur Nuryanto mengikuti Video Conference Satgas Saber Pungli se-Indonesia

KOTA GORONTALO – Upaya memberantas pungutan liar di Kota Gorontalo akan terus digencarkan Satgas Sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli). Seusai mengikuti Video Conference Satgas Saber Pungli se-Indonesia, Selasa, (20/2), tim Saber Pungli Kota Gorontalo langsung menggelar rapat evaluasi di Polres Gorontalo Kota.

Inspektur Gorontalo Nuryanto mengatakan, dari catatan Teleconference seluruh Satgas Saber Pungli, termasuk di Kota Gorontalo ditekankan untuk lebih mengoptimalkan pencegahan. Selain itu, penindakan secara efektif apabila harus dilakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum yang melakukan pungli.

“Untuk optimalnya tugas ini, kita akan membuat Posko permanen di Inspektorat, Call Center, juga forum konsultasi yang akan melibatkan berbagai pihak. Nanti akan difasilitas oleh tim Saber Pungli,” ujar Nuryanto.

Menurut Nuryanto, rencana kerja kedepan, pihaknya pun akan memperkatat pengawasan baik instansi pemerintah Kota Gorontalo, maupun lembaga lainnya yang berada di Kota Gorontalo. Dalam bertugas di lapangan nanti, tim Satgas Saber Pungli akan dibuatkan seragam khusus dan kartu identitas sebagai tanda pengenal.

Nuryanto mengatakan pula, terkait upaya pencegahan pungli, partisipasi dan kesadaran masyarakat sangat penting. Sebab tidak jarang kasus pungli terjadi barawal dari masyarakat yang terbiasa memberikan imbalan kepada para pejabat atau pegawai terakait pelayanan publik. “Seyogyanya ini tidak boleh dilakukan. Masyarakat masih butuh diberikan pemahaman. Sudah menjadi kewajiban aparatur negara untuk melayani setiap keperluan masyarakat,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top