SDG’s Bagian Dari Tanggungjawab PKK Kota Gorontalo

Ketua TP PKK Kota Gorontalo Jusmiati Taha K. Demak, ketika menghadiri upacara memperingati HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK ke 48 tingkat Kota Gorontalo.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Program Sdg’s (Sustainable Development Goals) juga menjadi tugas penting TP. PKK Kota Gorontalo, karena bertujuan untuk mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Hal ini seperti diungkapkan Ketua TP PKK Kota Gorontalo, Jusmiati Taha K. Demak, ketika menyampaikan sambutan pada kegiatan HKG (Hari Kesatuan Gerak) PKK ke 48 tingkat Kota Gorontalo, Kamis (12/03/20) pagi tadi.

“Tujuan dari progra, berkelanjutan ini menjadi tanggungjawab bersar PKK Kota Gorontalo. Tujuannya untuk menekan kelaparan dan kesenjangan pangan, selain itu meningkatkan gizi, pertanian berkelanjutan yang berkualitas. Serta menjamin pendidikan anak, agar bisa belajar sepanjang hayat,” ujar Jusmiati.

Ia jelaskan lagi, program yang dijalankan oleh TP PKK Kota Gorontalo selama ini, masih diwarnai dengan upaya positif yang mendukung cita-cita keluarga sejahtera, KB, PHBS dan kesehatan lingkungan di Kota Gorontalo. Hasilnya pun sangat baik, diantaranya, rumah bebas rokok merupakan wujud dari pelaksanaan progra, PKK KKBPK Kesehatan. Termasuk budaya bersih, wilayah sehat dalam tatanan rumah tangga, juga pemanfaatan lahan pekarangan untuk membantu ekonomi keluarga.

Kesuksesan pelaksanaan program kegiatan yang dilakukan PKK ini, tidak terlepas dari peran serta seluruh instansi terkait. Termasuk seluruh kader PKK baik itu di tingkat kelurahan dan kecamatan, yang aktif mengikuti pembinaan dilakukan oleh TP PKK Kota Gorontalo. Meski demikian kata Jusmiati, masih banyak yang menjadi tugas rumah PKK Kota Gorontalo.

“Salah satunya bagaimana meningkatkan terhadap pelaksanaan program Dasa Wisma, paling tidak memastikan seluruh data masyarakat melalui basis data terpadu. Kemudian pelaksanaan program tersebut, yang harus dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat RT, RW, keluraha hingga kecamatan,” terang Jusmiati.

Kemudian berkaitan degan Jumbara PKK, adalah ajang dalam rangka meningkatkan kemampuan kader PKK, yang berorientasi pada peningkatakn SDM (sumberda daya manusia) yang berkepribadian, religius, kritis, terbuka dan demokratis. Sehingga memiliki etos kerja tinggi serta mampu memberikan kontribusi yang besar, terhadap daerah dan pembangunan.

“Kami berharap pula, kegiatan jumbara ini bisa menambah wawasan, pengetahuan, mempererat persaudaraan dan kinerja seluruh kader PKK. PKK di tuntut untuk membantu Pemerintah Kota Gorontalo, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Berbagai prestasi telah diperoleh TP PKK Kota Gorontalo, dari berbagai tingkatan. Baik itu bidang pembangunan, pendidikan, kesehatan dan ekonomi, yang sudah selaras dengan program Nasional, tutup Jusmiati.

Sementara itu Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha jelakan, peran serta masyarakat sangat penting guna mendukung pelaksanaan program kegiatan yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Gorontalo, juga TP PKK Kota Gorontalo. Guna tercapainya pembangunan nasional, dan salah satunya dalam program pemberdayaan masyarakat. Seperti TP PKK yang memiliki kader dari tingkat pusat, kota, kecamatan, kelurahan hingga RT/RW dan Dasa Wisma.

“Dalam era yang berkembang sekarang ini, perlu peningkatan SDM dalam rangka meningkatkan indeks pembangunan manusia yang optimal dan maksimal. Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, dengan menanamkan nila moral, etika dan perilaku bagi seluruh anggota keluarga sejak dini, sangat penting”

“Keluarga akan menjadi tangguh dalam mewujudkan ketahanan nasional, dalam rangkan mencapai kesatua dan persatuan bangsa. Penguatan keluarga dalam berbagai bidang, pada akhirnya dapat mewujudkan keluarga yang sejahtera lahir maupun batin. Kader PKK adalah kader pembangunan, yang harus menjadi motivator yang tanggungh bagi masyarakat,” tutup Marten.(tmHMS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top