Shalat Jumat Perdana di Masjid, Wali Kota – Wawali Terapkan Protokol Kesehatan

Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, saat menyerahkan bantuan kepada Takmirul Masjid Darul Arqam, usai menunaikan shalat Jumat perdana.

HUMAS. KOTA GORONTALO – Jumat (19/06/2020) Wali Kota Gorontalo dan Wakil Wali Kota Gorontalo, perdana menunaikan shalat jumat di Masjid Darul Arqam. Meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah ditiadakan, penerpan protokol tetap di laksanakan khususnya di tempat ibadah. Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha jelaskan, jika sebelumnya tempat-tempat ibadah ditutup sekarang dibuka. Akan tetapi syaratnya, begitu berat yakni menerapan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan ini harus kita jalankan bersama disemua tempat, mulai dari pasar, perkantoran, super market dan tempat ibadah. Dalam menjalankan protokol kesehatan ini memang sedikit susah, yang susah itu adalah menjaga jarak seperti bersalaman, berkerumun dan lain sebagainya,” ujar Marten saat menyampaikan sambutan usai menunaikan shalat jumat di Masjid Darul Arqam.

Tradisi bersalaman sangat kental di masyarakat Gorontalo, bukan hanya dilingkungan tempat tinggal mereka, tetapi sampai ke lingkungan pendidikan. Namun demi kebaikan bersama, aktivitas yang sudah menjadi keseharian itu, harus dihilangkan. Pemerintah Kota Gorontalo berharap, protokol kesehatan ini bukan hanya diterapkan di tempat ibadah, tetapi disemua tempat.

“Saya sendiri sangat berterima kasih kepada Takmirul Masjid Darul Arqam, yang sudah menerapkan protokol kesehatan. Kami juga berharap, jamaah atau masyarakat bisa menerapkan sepenuhnya protokol kesehatan ini diterapkan dengan baik,” ungkap Marten.

Senada ditambahkan Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono, dalam pelaksanaan ibadah di masjid atau di tempat ibadah lain, semua penanggungjawab tempat ibadah harus memastikan kebersihan tempat ibadah tersebut. Karena menjadi sesuatu yang sia-sia, jika masyarakat atau jamaah sudah menerapkan protokol kesehatan, lantas tempat ibadah itu tidak pernah dibersihkan.

“Pengelola tempat ibadah harus dipastikan bersih, agar jemaah atau masyarakat yang menunaikan ibadah, nyaman. Tidak akan berguna yang dilaksanakan dalam beribadah, jika tempat ibadah itu tidak bersih. Masjid Darul Arqam, bisa dijadikan contoh, sudah menerapkan protokol kesehatan dan bersih juga,” tutur Ryan.

Diketahui bersama, disela usai menunaikan shalat jumat berjamaah di Masjid Darul Arqam, Pemerintah Kota Gorontalo turut menyalurkan bantuan sebesar Rp 100 Juta untuk kelangsungan pembangunan Masjid Darul Arqam.(tmhms).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top