Wali Kota Jamin Stok Bahan Pokok Jelang Ramadhan

GORONTALO, HUMAS- Walikota Gorontalo Marten Taha memimpin langsung tim pemantau yang melakukan pengecekan stok dan harga sembako di wilayah Kota Gorontalo, Sabtu (4/5/2019). Tim mengunjungi sejumlah tempat antara lain Gudang Bulog, Mini Market, Pasar Sabtu Kelurahan Tapa serta Gudang Distributor UD Harapan Prima Lestari.
Dari hasil peninjauan, tim menyimpulkan, kondisi stok bahan pokok di Kota Gorontalo masih cukup terpenuhi. Begitu juga dengan posisi harga. Masih terjangkau daya beli masyarakat. “Jangan sampai ada lonjakan harga yang tidak terkontrol. Ini maksud kita turun memantau,” kata Marten.
Di pasar tradisional, menurut Marten, lonjakan harga hampir tidak terjadi, kecuali untuk beberapa bahan pangan seperti rica dan bawang putih. Rica berada pada harga Rp 70 ribu per liter dan bawang putih Rp 70 ribu per liter. Untuk daging ayam, kenaikannya masih tergolong wajar.
Untuk ketersediaannya, sampel gudang distributor yang dikunjungi pemerintah memperlihatkan stok masih aman. Demikian pula cadangan pangan yang ada di gudang Bulog. Masih cukup, bahkan untuk kebutuhan sampai 11 bulan kedepan. Beberapa bahan pangan seperti gula dan minyak goreng juga cukup. “Intinya, setelah kita turun, harga tetap stabil dan ketersediaannya terjamin bagi warga dalam menghadapi bulan suci Ramadan,” ujarnya.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Gorontalo Efendy Rauf mengatakan, warga tidak perlu khawatir akan terjadi kelangkaan bahan pokok atau terjadinya kenaikan harga. Stok masih sangat mencukupi sehingga tidak perlu melakukan aksi pemborongan. Kalau pun kedepan ada potensi terjadi lonjakan harga yang tidak normal, Bulog sudah siap-siap akan melakukan operasi pasar. “Kita juga telah meminta distributor tetap mempertahankan harganya yang normal. Sebab, bagaimana pun juga kenaikan harga di distributor akan berpengaruh di tingkat pengecer,” ujarnya. (Tim Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top