Walikota Resmikan SPAL Domestik di Kelurahan Tapa

Walikota Gorontalo Marten Taha memberikan sambutan peresmian SPAL Domestik di Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana, Senin (18/2).

KOTA GORONTALO – Walikota Gorontalo Marten Taha meresmikan pembangunan Sistem Pengelolaan Air Limbah (SPAL) Domestik di Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana, Senin (18/2). Dibangunnya SPAL tersebut menjadi bagian dari upaya Pemkot Gorontalo dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Marten mengatakan, Pemkot Gorontalo sejauh ini terus menggalakan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hanya saja, program PHBS harus pula didukung kondisi lingkungan yang bersih dan sehat.

“Pembangunan SPAL ini untuk mendukung program PHBS yang kita galakan,” ujar Marten saat memberikan sambutan pada peresmian SPAL Domestik di Kelurahan Tapa Kecamatan Sipatana.

Marten mengatakan, SPAL yang dibangun tidak akan mengganggu lingkungan sekitar. Sebaliknya, keberadaan SPAL akan sangat membantu masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.

“Pengolahan air di SPAL ini tidak menimbulkan bau dan tidak berwarna. Air yang dihasilkan juga dipastikan bebas dari pencemaran,” jelas Marten.

Marten mengungkapkan, sejauh ini Pemkot telah membanguan sebanyak delapan unit SPAL yang tersebar di 16 kelurahan di Kota Gorontalo. Pemkot sejatinya sangat menginginkan adanya pembangunan SPAL, terutama di lingkungan yang padat penduduk. Hanya saja, keinginan tersebut kerap terkendala ketersediaan lahan.

“Saya bersyukur, di Kelurahan Tapa ini masyarakat bisa berpartisipasi menyediakan lahan untuk pembangunan SPAL,” ujarnya.

Ia pun mengajak masyarakat bisa menjaga dan memelihara fasilitasi yang dibangun agar dapat membawa manfaat yang lama bagi masyarakat. “Mari kita sama-sama menjaga dan memelihara aset ini agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat,” ujar Marten.

Camat Sipatana Isra Ali mengatakan, SPAL yang dibangun nantinya akan dimanfaatkan oleh sebanyak 53 Kepala Keluarga. Pembangunan SPAL itu bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan dan partisipasi semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan KSM. (ndw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top